Sabtu, 27 Agustus 2011

Cara Penggunaan Stimulasi Bayi dalam Kandungan untuk Ibu Hamil dengan Musik Klasik untuk Bayi


Untuk menstimulasi bayi dalam kandungan banyak caranya, selain dengan mendengarkan musik klasik untuk bayi/musik menenangkan, bisa juga dengan mengajak ngobrol, mengajak menyanyi, atau membacakan cerita kepada calon bayi anda.

Jangan dulu skeptis dan berpikiran bahwa hal yang anda buat ini konyol, karena berdasarkan banyak penelitian semua yang anda lakukan tidak hanya menstimulasi syaraf-syaraf otak bayi, tapi si bayi akan merasakan ketenangan, kedamaian, kasih saying, dan kebersamaan bersama keluarga (ayah, ibu, dan anggota keluarga lainnya misalnya kakaknya, neneknya atau siapapun). Ajaklah mereka untuk bersama-sama menstimulasi calon bayi dalam kandungan anda.

Itulah mengapa sebabnya jika kondisi ibunya selalu stress, akan sangat berpengaruh terhadap janin. Sebab itu, usahakan kondisi si ibu pun sering-seringlah dalam kondisi relaks. Kondisi relaks si ibu bisa diperoleh dengan cara bermeditasi dan si ibu pun boleh mendengarkan musik klasik dan yang sifatnya menenangkan.

Berikut beberapa cara untuk menstimulasi bayi:

1. Dengarkan musik klasik kepada bayi


Caranya yaitu dengan menggunakan headphone atau speaker yang bentuknya tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil. Dekatkan/tempelkan ke perut. Putar musik klasik untuk bayi dengan volume yang sedang.

2. Mengajak bicara bayi


Ajak bicara si calon bayi dengan penuh kasih sayang baik oleh ayahnya atau kakaknya atau neneknya, atau ibunya itu sendiri. Libatkan anggota keluarga yang lain. Ketahuilah bahwa calon bayi pasti mendengarkan setiap nada bicara anda dengan caranya sendiri.

3. Mengajak bayi bermain musik


Selain hal ini juga bisa membawa kebahagiaan dan kesenangan kepada si ibu yang pasti dampak psikologisnya akan berpengaruh kepada si calon bayi, juga akan memiliki dampk langsung kepada si calon bayi.

4. Mengajak bayi mendengarkan cerita


Bacakanlah cerita atau bahkan buku-buku ilmiah dengan menganggap si bayi tersebut sudah anak-anak atau remaja, dan anda harus menganggap bahwa si calon bayi memahaminya.

Kegiatan membaca ini tidak hanya perlu dilakukan oleh ibunya sendiri, cobalah si ayah dan si kakak untuk ikut membacakan.

Dengan beberapa contoh stimulasi di atas mudah-mudahan anak anda kelak setelah lahir menjadi anak yang pintar, cepat tanggap, aktif dan kreatif. Tentu saja dengan catatan pendidikan yang diberikan kepada anak anda tidak dilakukan hanya sebatas di dalam kandungan saja, tapi lebih penting lagi setelah anak anda lahir dan sepanjang hayat anda.

Pendidikan terhadap anak yang dilakukan secara ikhlas dan terus menerus tanpa mengenal lelah, ini sudah pasti akan berbalas pahala yang tiada tara dari-Nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar